Bolpoint dari Asram Gandhi


Tentu senang malam itu, sehabis menonton pertunjukan di padepokan bagong, Jagongan wagen berisi tari dan olah tubuh dalam title "semakin bergerak semakin ...", bertemu dengan para tante di sana. kembali bercerita dan bertukar kisah. ada sebuah oleh-oleh yang diberikan dari mbakyu yang baru saja merampungkan perjalanannya menyusuri India. Sebuah Polpen asli dibeli dari asram gandhi. "Gandhi Sangrahalaya-Sabarmati" demikian tulisan yang ada di pulpen itu berserta gambar gandhi yang sedang menenun benang menjadi kain. Di dalam pulpen ada tulisan "self rule = rule over self" dan ketika di ceklikan pulpen itu ada tulisan lagi "satyagraha is soul-force" dengan huruf gede. Dan masih ada satu lagi tulisan MY LIFE IS MY MESSAGE. kecil, sebuah pulpen yang mengingatkanku kembali dari perjuangan sosok gandhi, Mahatma Gandhi yang termashyur itu.

Seingatku, pasti mbakyu ku itu tidak pernah seklipun lupa untuk memberikan sekedar oleh-oleh untuk siapa pun yang ia kenal. tak pernah lupa. ya itulah mbakyu ku.  
"ini asli ku beli di Asram Gandhi, walau kecil.... Aku yakin pasti kamu nanti bisa ke sana" kata dia waktu menyerahkan pulpen yang masih berbungkus plastik itu. Ya India pasti sangat menyenangkan. Kota yang semrawut, sarana transportasi yang yahud, tari perut yang semledut, pasti pasti bisa... Pasti bisa ke INDIA.